Manfaat Pemupukan Terhadap Tanaman

Tujuan pemupukan untuk memenuhi jumlah kebutuhan hara yang tidak sesuai di dalam tanah sehingga produksi meningkat. Hal ini berarti penggunaan pupuk dan input lainnya diusahakan agar mempunyai efisiensi tinggi. Keefisienan pupuk adalah jumlah kenaikan hasil yang dapat dipanen atau parameter pertumbuhan lainnya yang diukur sebagai akibat pemberian satu satuan pokok atau hara.


Manfaat dari pemupukan  dapat mengembalikan unsur hara baik makro atau mikro untuk memperbaiki struktur tanah. Sehingga danpak positif dari pemupukan adalah meningkatkan kapasitas kation, menambah kemampuan tanah menahan air dan meningkatkan  kegiatan biologis tanah, dapat menurunkan jeratan keasaman tanah. Naman, ada dampaknegatif dari pemupukan karena kandungan hara rendah pupuk yang dibutuhkan cukup banyak hal ini berakibat biaya ekonomi dan perhitungan dosis agak susah.

Tanaman memerlukan unsur-unsur tertentu untuk membentuk tubuhnya dan memenuhi semua kegiatan hidupnya, unsur-unsur tersebut dihisap oleh tanaman dan mempunyai guna tertentu. Pertumbuhan tanaman sangat ditentukan oleh kualitas tanah yang baik, dan dibatasi oleh ketersediaan unsur hara yang minimum dalam tanah, kandungan unsur-unsur hara dalam tanah ini sangat mempengaruhi kondisi tanah. Untuk tanah yang mempunyai keharaan rendah, dapat diberi pupukagar tingkat keharaan menjadi lebih tinggi dan menjadikan tanah lebih subur.
Aplikasi penggunaan pupuk organik diberikan pada lahan sebelum tanaman ditanam. Pupuk organik dapak memperbaiki degradasi lahan, terutama kekurangn unsur karbon. Perombakan bahan organik dari pupuk organik dapat mengembalikan unsur hara tanah yang berperan menyediakan hara bagi tanaman untuk  mendapat produktifitas yang optimal

Unsur N, P dan K merupakan unsur hara macro, yaitu unsur hara yang dibutuhkan oleh  tanah dan tanaman dalam jumlah yang banyak.  Nitrogen dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlahh yang besar dan umumnya menjadi faktor pembatas pada tanah-tanah yang tidak dipupuk.  Unsur ini berfungsi antara lain untuk mengatur reaksi biokimia dan merupakan bagian utuh dari struktur klorofil.

Ini Cara Membuat Pupuk Kompos

2 komentar:

  1. untuk mendapatkan pupuk organik unggulan, silahkan kunjungi http://pupuksipo.com/

    BalasHapus
  2. AYUK JOIN DAN RASAKAN SENSASI BERMAIN SABUNG AYAM

    KUNJUNGI SITUS KAMI DI
    http://www.gorengayam.com 


    HANYA DI SINI ANDA BISA MERASAKAN KEMENANGAN TERUS MENERUS

    http://panggangayammarketing.blogspot.com/2018/08/keunggulan-ayam-kinantan-putih-dalam.html/


    ========================================================
    INFO SEPUTAR SABUNG AYAM

    SABUNG AYAM

    SABUNG AYAM ONLINE

    SABUNG AYAM BANGKOK

    SABUNG AYAM FILIPINA

    BalasHapus

 

Copyright © Peduli Pertanian | Powered by Blogger